supaya anak mandiri

15 agustus 2009

Baca bukunya Tracy Hoggs yang The Secret of the Baby Whisperer, katanya anak sedini mungkin (bahkan sejak baru lahir, kalau bisa), sudah diajarkan tidur sendiri. Dalam arti, ketika dia menguap tanda ngantuk, kudu langsung dibaringkan supaya bisa terlelap sendiri. Jangan diajarkan bahwa dia hanya bisa tidur dengan digendong, diayun, atau disusui. Ketiga hal tersebut hanyalah untuk menenangkan dia, bukan menidurkannya. bayi harus diatur ritmenya dan diajarkan untuk bisa membuat diri mereka nyaman tanpa bantuan.

Aku setuju banget sama teori Tracy ini. Tapi menerapkannya susyeeeh banget. Pertama, 2 bulan awal kehidupan Rafa dihabiskan di tempat mertua, yang berarti bahwa, mereka sama sekali nggak membiarkan Rafa menangis sedikit pun dan semuanya demen gendongin dia. Alhasil memang dia terbiasa tidur di gendongan. Kedua, bulan-bulan selanjutnya dari kehidupan Rafa adalah dalam pengasuhan ibuku, 5 hari seminggu, 9-10 jam sehari, yang juga tak bisa berkata tidak jika Rafa minta gendong. Alhasil Rafa memang senang sekali tertidur di gendongan. Hanya dalam 1-2 kali kesempatan dalam seminggu dia bisa tidur “sendiri”, alias tanpa bantuan orang lain. Dan suasana yang melatarbelakanginya bisa beda-beda, jadi susah ditemukan benang merahnya juga–selain fakta bahwa biasanya itu terjadi di pagi atau siang hari. Ga pernah malam tidur sendiri. Tidur malamnya pun ga bisa full 6 jam. Maksimal 3 jam abis itu per 2 jam atau bahkan kurang akan bangun, minta ditepuk, minta mimi, atau “ngempeng” doang. Jadi aku tahu sebenarnya dia emang udah ga laper.

Nah tapi trus ada teori yang bisa jadi pembenaranku hehe, kata William Sears (blm baca bukunya sih baru dengar2 ajah), yang terbaik adalah menggendong bayi kapan pun dia mau (dalam 1 tahun pertama kehidupannya) … dan ini bikin munculnya gerakan “wearing your baby” di Amerika sana. Asumsinya bayi yg banyak digendong lebih tenang, lebih hepi, n tidur lebih banyak. Makanya banyak macam cara yang mereka gunakan agar bayi nyaman dan penggendongnya pun ga pegal. Nah, kaenya yg terakhir ini sama dengan teori menyusui bayi kapan pun dia mau. (sementara menurut Tracy ritmen yang benar adalah eat-activity-sleep, dan usahakan menyusui bayi 2-3 jam sekali, secara teratur)

yang jadi pertanyaan terbesar: Mana sih di antara dua teori ini yg bener2 bisa bikin kelak anak jadi merasa aman nyaman disayang tp tetep mandiri ga manja n cengeng?

hpmelati menulis on Aug 17, ’09
ibarat mahzab. pilih salah satu, baca basmallah, lakukan sepenuh hati… teori itu kan tidak mungkin terbentuk tanpa ada hasil-hasilnya terlebih dahulu..
kalahujan menulis on Aug 18, ’09
aku lebih cenderung ke teori kedua, lebih milih go with the flow. Kalo dulu malah aku yang dialrang2 gendong kaka terus sama tanteku..tapi ga tahaaan pengen gendong hehehe..
tapi menurutku, itu sangat tergantung ortu dan anaknya. Ada anak-anak yang memang lebih suka digendong dari yang lain (adikku anaknya dah dua, dan memang ada bedanya katanya)
trus ada juga ortu yang hobi gendong kayak aku ini, bondingnya ya dari gendong menggendong itu, dan merasa bersalah kalo nyuekin anak minta gendong, tapi ada juga ortu sibuk yang ga sempat nggendong, jadi anaknya perlu dilatih mandiri lebih cepat..
sama seperti mazhab, (mengutip mbak hp melati), pilih yang paling cocok dengan kita🙂
therasyid menulis on Aug 18, ’09
gwe nga pernah suka teori, karena cuma gampang dibaca dipraktekinnya walahualam, hehehehe. aku lebih suka gayaku sendiri sembari terus-menerus belajar match dengan kesukaan anak2ku.
aku nga doyan nggendong n menimang anak2, tapi aku suka sekali memeluk n mencium mereka. jadi anak2ku tau sekali, kalo minta gendong itu ke ayah, nah kalo minta diuyel2 itu ke bunda ;-P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s