Menu MPASI Rafa (6 bulan)

16 November 2009

Saat Rafa baru mo mulai MPASI aku seneng banget kalo ada referensi berupa jadwal dan menu dari ibu lain. He he jadi sekarang aku coba buat juga yang sederhana. Mudah2an bermanfaat ya.

Catatan: tekstur makanan relatif cair, halus sekali, dan tidak dingin maupun terlalu hangat. setiap jenis menu diberikan berturut2 selama 3 sampai 4 hari.

1. tepung beras cokelat Gasol. pengolahan: 2 sdm munjung tepung dan 2 gelas air, direbus sampai mendidih dengan api kecil. langsung diwadahi. yang mau disajikan dicampur dengan ASI secukupnya sampai agak cair. sisanya langsung dimasukkan kulkas dalam bentuk udah per porsi (kira2 50ml). yang dari kulkas ini kalo mo disajikan tinggal direndam wadahnya dalam air panas, lalu diaduk isinya dan dicampur ASI. (cara thawing ini masih ragu sih, ada juga yang pake microwave–kalo punya, atau direbus sampe mendidih, hehe tapi selama ini direndam doang dan kayaknya Rafa oke aja)

2. tepung beras merah wangi Gasol

3. labu kukus. jenis labu yg dipilih waktu itu adalah butternut squash yang lonjong seperti pir tapi besar, mulus, dan berwarna krem kulitnya. daging buahnya lebih manis dan padat dibanding jenis kabocha. labu ini dipotong kecil2 dulu baru dikupas, kulitnya keras bukan main hehe…. setelah itu letakkan di wadah tahan panas dan dikukus deh. habis itu diblender sampai benar-benar halus. bisa juga disaring untuk lebih meyakinkan kehalusannya.saat menyajikan dicampur ASI lagi supaya lebih cair, meski kekentalannya udah lebih dibanding tepung beras.

4. ubi merah kukus. nama kerennya baby sweet potato. atau ubi jepang. bentuknya kecil-kecil dan kulitnya merah marun. rasanya juga manis. kupas, potong2, kukus, blender. bisa juga dipanggang utuh bareng kulitnya. saat sudah matang baru dikupas dan diblender. saat menyajikan dicampur ASI.

5. pepaya blender. kalo aku pilih pepaya california atau hawaii yang ga terlalu besar itu. kalau sudah benar2 matang dan empuk, kupas, buang biji dan bagian putih di tengah itu, blender deh. ini dah cukup cair jadi ga usah dikasi ASI lagi.

6. kentang kukus. kalo ini rada seret jadi harus banyak tambahan ASInya untuk mencapai kekentalan yang pas. bisa juga dipanggang bareng kulitnya. abis itu baru dikupas dan diblender.

7. labu parang/kabocha kukus. nyobain jenis yang ini, lebih berair dan ada rasa getirnya, tapi rafa alhamdulillah ga masalah!e

8. tepung kacang hijau Gasol, ini agak berampas, jadi agaak bikin keselek, tapi Rafa tetap menghabiskan seporsi.

Nah rencana awalnya sih mengenalkan sekitar 10 jenis makanan di bulan keenam ini. tapi apa daya terkapar akibat campak selama 2 minggu di rumah dan di rs, lalu ada juga perjalanan lebaran yang membuat malas (dan memang sebaiknya tidak) mengenalkan menu baru. He he.

Oiya ada juga makanan yang dicobain tapi Rafa ga suka, pertama bubur tepung pisang Gasol, nah ini rasanya sangat hambar dan teksturnya ada semacam ampas kasarnya setelah matang jadi di mulut rasanya aneh. sempat juga sama omanya dicobain pir hijau kukus, tapi kabarnya rafa ga suka juga, mungkin karena cenderung asam. tapi yang terakhir masih penasaran karena ga lihat sendiri hehe jadi mungkin nanti-nanti mo dicobain lagi. Oiya kalo avokad Rafa suka tapi anehnya dia sembelit. sampai nangis2 segala. wah jadi belum berani dikasih lagi, padahal bagus tuh buat bayi. saran kakakku, penyajiannya mungkin dicampur air jeruk supaya gak bikin sembelit.

Oke deh sekian dulu buat bulan keenam, selamat bikin menu!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s