Menu MPASI Rafa (7 bulan)

16 Nov 2009

Nah karena selama bulan keenam Rafa sudah mencoba beberapa jenis bahan makanan, bulan ketujuh ini adalah waktunya variasi, dan tentu juga sih tetap mengenalkan menu baru (tetap dengan aturan 3 hari). Setelah membaca beberapa informasi di web, idealnya bayi kita disajikan makanan yang caranya mirip dengan cara kita makan sekarang, yaitu nasi, sayur, dan lauknya terpisah. Dalam kasus bayi ya misalnya bubur berasnya baru disajikan berdampingan dengan sayur blender dan daging blender ketika mau makan. Wah tapi pada praktiknya susah juga hehe kecuali punya wadah yang agak banyak, atau punya microwave, atau…akunya yang males aja ya? Hehehehe… yaaah maklum deh. Alhasil Rafa pun dikenalkan dengan makanan campur aduk hehe ibarat kalo makan bubur ayam diaduk semua ampe ga jelas bentuknya, baru deh dimakan (hmmm ada yang suka ada yang tidak dengan cara ini lho!).

Tapii aku tetap berusaha menjaga keseimbangan gizi dan variasi makanannya, caelaaa hehehe. Nah inilah hasilnya, siapa tau ada yang terinspirasi gituh dengan menu-menu di bawah ini.

Bubur Beras Wortel

Beras segenggam, air sepertiga panci, 1 wortel dikupas dan dipotong. Rebus sampai beras jadi bubur dengan api kecil. Aduk-aduk supaya tidak tumpah. Kalau airnya habis tambahkan lagi sampai memiliki konsistensi bubur yang diinginkan. Blender.

Bubur Ubi Brokoli

3 ubi kecil yang udah dikupas dan dipotong, 1 rumpun brokoli yang udah dibuang batangnya, dipotong dan dicuci bersih (bisa juga direndam air panas bergaram, sehabis itu dibilas air biasa). Kukus semuanya sampai empuk. Blender.

Bubur Pir Apel

Buah pir dan buah apel, terserah berapa aja tergantung besarnya. Kupas dan potong2 (buang bijinya ya), bisa ditambah bubuk kayu manis dikit, kukus sampai empuk (kalau ditusuk garpu gampang). Blender.

Bubur Beras & Kuning Telur Rebus

Kalo yang ini mau nggak mau kudu dipisah hehe. Caranya rebus telur ayam kampung tiga butir. Setelah itu sisihkan di kulkas. Nah buat deh bubur beras merah atau cokelat yang biasa. Letakkan di wadah dan taro kulkas juga. Saat mau makan, kupas telur, ambil kuningnya saja, penyet dan sajikan berasama bubur beras yang udah diangetin. Bisa diaduk bisa nggak. Kenapa kuning telurnya saja, lihat di sini.

Nasi Tim Kacang Merah Ubi

Beras segenggam, air 100ml, 2 ubi kecil yang udah dikupas dan dipotongin, kacang merah dua genggam, kukus semua sampai nasi jadi bubur. Blender.

Nasi Tim Wortel Tempe

Beras segenggam, air 100ml, 1 wortel yang udah dikupas dan diiris, tempe yang udah diiris secukupnya. Kukus semua sampai nasi jadi kayak bubur. Blender.

Pisang Raja

Cara pilih pisang raja yang bagus: ini tip dari mamiku, perhatikan pangkal tandannya (tempat pisang dipotong), kalau sudah hitam keriput berarti sudah lama tuh dipotongnya. Perhatikan juga ujung masing2 pisang, kalau ada hijaunya dan peyot (tidak terisi daging) berarti pisang diambil saat masih sangat muda. So, yang oke adalah yang pangkal potongannya masih segar, dan yang ujung-ujungnya penuh berisi dan tidak kehijauan.

Cara makannya, langsung pake sendok dikerok dikit-dikit. Pisang raja bagian tengahnya dibuang.

Bubur Tepung Oatmeal

Oatmeal yang quacker oats biru diblender dulu sampe halus, simpan dalam wadah. Ambil 2-3 sendok makan munjung, campur air kira-kira 400ml, aduk rata, rebus sampai mendidih. Bisa dikasi sedikit bubuk kayu manis.

Bubur Labu Cukini Wortel

Cukini atau zucchini ini lembut kalau sudah matang. Nggak usah dikupas, cuci bersih saja dan potong-potong. Di wadah yang sama letakkan wortel yang udah dikupas dan dipotong, dan labu yang juga dah dikupas dan dipotong. Kukus deh sampe empuk. Blender.

Kentang Merah (Susu) Mentega

Nemu yang namanya baby red potato, lucu kecil2. Meski akibatnya jadi gempor ngupasnya hehe. Kentang ini dikupas,iris2, lalu direbus sama air (air ini bisa juga berupa sufor yang dicairkan, kalau mau) secukupnya dan taro sepotong mentega unsalted di atasnya. Rebus sampai kentang lunak dan air sedikit. Blender sampai kehalusan yang diinginkan.

Pisang Cavendish

Biasanya kalau ini relatif aman di supermarket, tapi tahan di rumah hanya 2-3 hari lho. Bisa sih dibekukan (katanya), tapi kulitnya jadi kecokelatan. Hehe agak gak tega kecuali kalo buat mama-ayahnya, diblender jadi bananna smoothies kali ya.

Oiya kalau cavendish tidak perlu dibuang tengahnya, bisa dikerok sampai habis.

Catatan: pisang ambon tidak direkomendasikan (oleh mamiku hehe) karena ada rasa fermentasi (kayak beralkohol) dan cenderung asam.

Buah Naga

Aku coba yang isi merah, nggak perlu diblender cukup dipenyet2. Oiya cara kupasnya, potong dua, lalu kelupas saja kulitnya, potong2 deh isinya sebelum dipenyet. Potongan2 itu kalau disimpan di wadah tertutup di kulkas kira-kira tahan 2-3 hari. Naaah, kulitnya setelah dibuang bagian2 yang menyerupai sisik itu, bisa dimasak lho jadi oseng2. Nyam nyam rasanya kries-kries agak kenyal. Hehe yang jelas warnanya yummy banget. Apa lagi kalo dicampur irisan bakso.

Yang kemungkinan Rafa alergi

Bubur Labu Daging

Entah karena makan ini atau bukan, di hari kedua, beruntusan di muka rafa makin paraaah jadi dihentikan deh. Oiya kalau mau pake daging gini, beli daging utuh lalu blender sendiri saja secara terpisah sebelum dimasak. Soalnya kalo cincangan belum terlalu halus dan cenderung kenyal dia susah halus.

Kata Mamiku Jangan Dicoba buat Bayi di Bawah Setahun

Mangga, Nanas, Sirsak, Stroberi, Kiwi

Meskipun kata para tukang masak, buku bayi, dan beberapa situs, keduanya boleh aja dicobain, lho. Alasan mamiku, rasa mereka cenderung asam dan nggak bagus buat pencernaan. Karena Rafa asuhan Omanya alias Mamiku hehe jadi mama Rafa manut deh. Oiya kabarnya makanan yang asam juga bisa memicu alergi sih jadi ya sutralah nanti saja di atas 1 tahun.

soehind
soehind menulis on Nov 18, ’09
iya mba udah download macem2 n menu di atas inilah hasilnya haha. Sekarang sedang bulan ke-8 niiih mulai bingung dan ngasal masaknya. Apa yang ada dicemplungin jadi satu, kukus, blender deh… Btw kapan ya mulai ngenalin yang ga diblender???

kalahujan
kalahujan menulis on Nov 16, ’09
iya kayaknya shin, yang asem-asem ga bagus buat bayi di bawah setahun, pemicu alergi. Eh, di milis sehat dan di webnya ada panduan tahapan makanan lho kalo ga salah..tinggal didownload aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s