Menu MPASI Rafa (8 & 9 Bulan)

20 Jan 2010

Ohh pekerjaan sebagai koki semakin berat, hehehe. Dan proses pencatatan mulai berantakan. T_T

Alasannya sih nggak sempeet, ehm! Tapi ditambah memori yang tak begitu bagus, inilah yang kuingat dan tercatat mengenai makanan buat Rafa selama usia 8 dan 9 bulan. Oh iya teksturnya mulai dicoba-coba yang agak kasar, tetapi masih harus “berkuah”, soalnya kalau tidak, Rafa suka keselek, hehe.

Hampir semua bisa untuk dibuat dalam partai besar, yaitu untuk persediaan 3-4 hari, lalu disimpan di kulkas.

 Tumis Tofu Minyak Zaitun

Mulai aneh-aneh, nih, hehe. Tofunya cari yang tanpa garam. Minyak zaitun (yang light atau extra light cocok buat menumis) dikit aja dipanaskan, lalu tumis deh tofunya sembari dihancurkan.

Nasi Tim Wortel Polong

Seperti biasa ini sih hanya beras, sedikit air, wortel, dan kacang polong, semua ditaruh di wadah lalu dikukus sampai empuk. Haluskan.

Bubur Tepung Oat Kacang Hijau

Oat (aku pakai Quacker biru) diblender kasar. Simpan dalam wadah tertutup. Campur 3 sendok makan tepung oat ini dengan 3 sendok makan tepung kacang hijau (aku pakai Gasol) dan air/susu (ASI atau sufor yang dicairkan) sekitar 2,5 gelas (500 ml). Rebus sampai mendidih sambil diaduk, masak dengan api kecil sebentar. Angkat. Ini untuk mengenalkan bahan makanan oat dan teksturnya. Kalau sudah terbiasa makanan kasar bisa coba oat yang nggak diblender.

Nasi Tim Cukini Bit

Segenggam beras, cuci. Cukini (tanpa dikupas), potong dadu. Bit kupas dan iris tipis. Campur semua, beri air kaldu sekitar 2 baby cubes atau 140 ml. Kukus. Hancurkan.

Tumis Tofu Polong Kangkung

Mirip tumis tofu pertama, tapi ditambah kacang polong beku dan kangkung yang udah diiris kecil. Masak sampai empuk.

Puree Alpukat Jeruk

Wah ini kesukaan Rafa, bisa abis dua kali porsi biasanya, hehe. Alpukat (avokad sih harusnya ya? Hehe) dikerok, dipenyet, dicampur dengan perasan setengah jeruk baby. Jeruk baby ini memang ternyata rasanya manis-tawar. Nggak ada asamnya sama sekali. Di supermarket ada baby java, baby israel, dan baby pacitan, hihi. Silakan pilih.

Apel Panggang Kayu Manis

Favorit juga nih. Apel apa aja (usahakan yang manis) dikupas, dibuang bagian tengahnya, lalu dipotong jadi 6-8 bagian, susun di loyang (kalo aku pake loyang mini buat di oven toaster hehe abis ga punya oven beneran), taburi kayu manis bubuk. Panggang deh sekitar 20-45 menit (tergantung seberapa tipis irisan dan seberapa panas ovennya). Harumnya nikmat banget nih. Hancurkan.

Makaroni Keju

Percobaan pertama makanan seret, hehe. Makaroni atau pasta kecil (bisa yang elbow, bisa yang kayak kerang), segenggam saja, direbus dalam air sepanci kecil sampai mengembang dan empuk. Tiriskan. Blender (karena ternyata tetep liat teksturnya), jangan terlalu halus. Beri air matang jika masih terlalu liat. Campur dengan keju cottage (aku pake Bulla Cottage Cheese).

Pisang Telur

Kalo ini kreasi Oma saat Rafa diajak nginep di Cisarua. Pisang cavendish dikerok, campur dengan kuning telur rebus (telur direbus, lalu diambil kuningnya saja).

Puree Buncis Kukus

Buncis baby satu pak, dibuang ujungnya dan jika ada serat di pinggirnya ditarik sekalian. Letakkan dalam wadah, kukus. Blender, jangan terlalu halus.

Ikan Wortel

Fillet ikan dory, cuci dan beri perasan jeruk nipis. Potong empat, bungkus masing-masing dalam aluminium foil. Panggang di oven (aku masih pake oven toaster) sampai matang (kira-kira 20 menit). Wortel dikupas dan dipotong, kukus. Blender bersama si ikan dan si wortel.

HEINZ organic: tender beef with vegetables

Penasaraaaan banget nyobain makanan stoplesan ini. Akhirnya memutuskan nyoba jenis ini karena bahannya daging yang memang susah kalo mau buat sendiri (pernah coba tapi jadinya kok masih alot ya dagingnya) dan tanpa pengawet atau perasa gula garam dll. Kandungan di dalamnya yang tertulis sih sayuran 62% (tomatoes, sweet potato, zucchini, potatoes, carrots), sisanya apple juice, brown rice, beef (10%), dan ground rice. Hmm kayaknya udah pernah coba semua kecuali tomat dan daging. Jadi ya okelah dicoba hehe. Mulai nggak tertib niiih. Ini teksturnya udah kering, jadi kudu ditambah kuah apa gitu (misalnya kuah susu).

Asparagus Wortel Ubi

6-8 asparagus, potong dan buang bagian pangkalnya (katanya sih dengan teknik “snap” yaitu pegang bagian pangkal dan tengahnya, lalu lengkungkan sampai patah sendiri. Bagian pangkalnya itulah yang terkeras). Kukus bersama ubi jepang dan wortel yang sudah dikupas dan dipotong dadu. Hancurkan.

Tim Hati Ubi

Hati ayam kampung yang sudah dicuci bersih dikukus bersama ubi jepang yang sudah dikupas dan dipotong dadu. Hancurkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s