Persiapan Masuk Cuti

16 Maret 2012

Akhirnya 3 bulan berlalu begitu saja, hehehe. Kayaknya masih kurang mainnya ama Rafa n Daffa, kayaknya masih kurang tidurnya, kayaknya masih kurang bebenah rumahnya, hehehehe intinya memang manusia gak pernah puas. ^_^ Bahkan sampai sehari sebelum kerja otak sepertinya ga bisa disetting buat kerjaan dulu karena masih kudu ketemuan ama calon pengasuh Daffa yang selama tiga bulan itu emang ga dapet2. Yah mudah2an yang ini berjodoh dan bisa betah lama karena at first sight lumayan meyakinkan. Tentu masih ada Oma yang baik hati mengawasi sembari juga mengasuh Rafa.

Pilihan masuk kerja di half-week memang sangat tepat buat ibu bekerja yang menyusui eksklusif, jadi kalau bisa Rabu, Kamis, atau Jumat. Aku masuknya hari Jumat jadi agak bisa santai dalam mengupdate info dan mencerap perubahan2 serta tugas2 kantor.
Sayangnya Daffa minumnya masih “kaget” alias dikit banget. Total hanya 80ml. Padahal ingat pas Rafa dulu bisa sampe 300ml sehari ampe keteteran kejar tayang. Siang masih plus menyusui langsung. Daffa juga untungnya siang bisa menyusu langsung. Jadi deg2an menanti Senin. Apakah bisa lebih banyak ya minumnya? Perbedaannya saat Rafa dulu langsung pakai botol memang. Kalau Daffa diusahakan tanpa botol dulu. Pilihannya: sendok, cup, atau pipet. Tapi tetap sih disediakan botol yang sama dengan Rafa dulu, just in case semua ditolak dan bisanya pake botol. Soalnya kalau baca soal pemberian ASIP ini, katanya terpenting di atas segalanya adalah bayi dan ibu plus pengasuhnya nyaman alias ga stres. Bedanya lagi pas Rafa dulu stok ASIPku dikit banget. Sampe dalam seminggu kudu didobel sufor sebotol sehari. Sekarang alhamdulillah lumayan, meski ga ngitung ada berapa, abis wadahnya variatif hehehe. Memang kuncinya, jangan sepelekan hasil perahan yang 20ml, 30ml, setiap kali abis menyusui, karena kalo digabung dalam 24jam (dikulkasin semua dulu yak sampe suhunya kurleb sama), sehari bisa 120ml hanya dalam 4kali perah. Kalau lebih rajin perahnya dan bisa bangun dinihari sekali saja maka akan lebih mantab stoknya hihihi.
Oiya sedikit tip penyimpanan ASIP, yang plastik diberdirikan di rak atas itu sebenarnya cara yang keliru karena (1) lupa ga dikempesin dulu sebelum dizip sehingga gembung udaranya bikin makan tempat di freezer nan secuil dan jadi ga bisa ditumpuk (2) posisi diberdirikan juga makan tempat banget tapi memang lebih enak pas buat saat ngangetin dan mindahin ke kulkas bawahnya kali yak. Sementara di rak bawah yang sebelah kiri itu kalau baca2 memang direkomendasiin buat tempat sempit, setelah plastik diisi ASIP dibuang udaranya dulu baru dizip, lalu dibaringkan datar sampai beku deh. Bisa ditumpuk jadi banyak hehehe. Kalau pake botol ternyata ya makan tempat juga, atasnya ga bisa ditumpuk lagi ama botol lain hihihihi. Kalau yang gabungan antara baby cubes ama botol kecil yah itu sebenarnya wadah seadanya saja dicampur2 hohoho jadi lebih baik tidak ditiru karena penanggalannya jadi susah diurutkan, wekeke. Oiya btw, baby cubes model baru tnyata tray-nya gamuat dimasukin k freezer hiikks kali freezer di luar negeri beda yak lebih panjang. Jadi ini pake tray model lama plus cubes barunya ditumpuk2 aja deh di atasnya. Halah!
Peralatan memerahnya kalau dulu Medela Harmony, sekarang Medela Mini Electric. Memang lebih mudah karena jadi bisa disambi di depan komp langsung, tinggal pake apron (direkomendasiin yg model ponco dan warna gelap polos hehehe karena kayak baju) dan ga capek. Lumayan cepat juga kok sepertinya. Tapi suaranya itu emang ampun2 hehehehe. Untung rekan kerja “sekamar”ku baik hati dan pengertian hihihi. Kelemahannya lagi Mini Electric itu ga closed system ya, jadi ASI bisa masuk ke motor/mesin ternyata padahal kayak ga kelihatan tuh bolongannya. Jadi rada2 ga higienis gitu deh yak. Sebenarnya udah bisa merah pake tangan tapi memang lebih butuh ruang khusus atau setidaknya pojok buat ngumpet yang di ruanganku kagak ada hehehe. Cooler bagnya, so far masih nyaman pake medela zaman Rafa dulu karena blue ice-nya muantaabs dan bentuknya pas banget buat masuk di tas kerja.
Well, mulai hari ini selamat datang pekerjaan, mudah2an menyenangkan dan bisa lancar sejalan dengan tugasku yang utama as a mother of two (and a  wife, and a daughter, hihihihi).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s