Resep MPASI Skutel Makaroni Dori (10 bln)

8 Jan 2010

Haah? Resep? Hihi sejak kapan daku memasak? Ehm, ehm, sejak Rafa mulai MPASI lebih tepatnya. Hanya saja, di usia 10 bulan nggak mungkin kan dia makan bubur tepung beras, puree wortel, dan yang sebangsanya saja. Menunya sekarang mulai bervariasi dan memusingkan mamanya. Alhasil ini sebenarnya bukan benar-benar masakan canggih atau apa, lebih tepatnya, ini masakan asal cemplung yang aku yakin lumayan sehat dan komplit gizinya. Caela… dan inilah dia resepnya…

BAHAN

3 genggam makaroni

1 apel sedang, kupas, buang bagian tengahnya, iris tipis

1 lembar fillet ikan dori, cuci bersih, potong kecil

2 wortel sedang, kupas, iris tipis

1 cangkir susu cair (ASI/sufor)

1 sm minyak zaitun light/minyak goreng

2 bungkus kecil unsalted butter

1 panci kecil air

CARA BUAT

1) masukkan makaroni ke dalam air, rebus sampai mendidih, kecilkan api, masak sampai makaroni empuk. Beri bbrp tetes minyak zaitun light, aduk. Tiriskan

2) Tata dalam pinggan: makaroni rebus, apel, ikan dori, wortel, siram dengan susu, beri 2 bungkus kecil unsalted butter di atasnya.

3) Kukus sampai bagian atasnya (si wortel) empuk.

4) Setelah tidak terlalu panas, lumatkan. Alat pelumat bisa wean machine, bisa potato masher, bisa cobek dan muntu yang bersih (bukan bekas sambal, hehe), atau apa pun yang biasanya dipakai.

CATATAN

Menurut sang ayah yang diminta mencicipi rasanya gurih manis, enak juga gitu. He he he he.

Rafa pun ternyata doyan.

Oiya aku suka ikan dori karena ia ikan laut berdaging putih yang tidak amis kalau dimasak. Teksturnya pun yummy banget deh, apa lagi kalau dipanggang, hmmm… hehehe. Namuuun, katanya sih ikan dori yang diperkenalkan di Indonesia ini sebenarnya ikan patin Vietnam, karena kalo yang dimaksud ikan john dory, itu harganya sangat mahal dan rasanya konon sangat uenak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s