Resep Puding Roti (13 Bln)

8 April 2010

Ceritanya lagi mati gaya, hampir tiap hari si rafa dikasi makan oatmeal, pisang, avokad, ganti2 aja hehe. Nasi sendiri lagi jarang nih karena gampangan bikin oatmeal. Trus cari2 resep puding roti deh kayaknya menarik. He he dan inilah resep yang kurekayasa sendiri. Maple syrup bisa diganti gula atau madu, atau ga pake yang manis manis sama sekali. Wheat germnya juga sebenernya ga perlu sih, karena kebetulan ada aja dan sayang ga dipake (kemasannya guede sih), biasanya bisa diganti meises, keju, atau taburan almon. Hmmm … yum!

Bahan:
wadah aluminium kotak kira-kira berukuran 7x15x7cm
3 lembar roti tawar, buang pinggirannya
susu UHT plain
2 telur ayam kampung
2 pak kecil unsalted butter, diamkan dalam suhu ruang sampai lunak
1 pisang cavendish, kupas, iris tipis
1 sendok teh kayu manis bubuk
3 sendok teh maple syrup
wheat germ untuk taburan atas

Cara buat:
Suwir-suwir roti, tempatkan dalam wadah, tuang susu secukupnya sampai 3/4 wadah. diamkan 30 menit.
Kocok telur, tuang ke dalam roti, aduk.
Masukkan unsalted butter, kayu manis, maple syrup dan aduk.
tata irisan pisang di atasnya, tekan agar terendam susu juga.
taburi dengan wheat germ.
Kukus 30 menit. Angkat dan kalau sudah setengah dingin, tutup dan simpan di kulkas.
Selama dikukus adonan akan mengembang ampe kayak mau meletus hehe tapi sesudah dimatikan kompornya kempes lagi deh.
Hasilnya enaaak dan empuk! Bisa untuk 5–6 porsi kalo Rafa sih. Oiya hati-hati buat yang alergi telur karena ini memakai bagian putih telurnya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s