Terkena PTKM

13 Juni 2010

PTKM: Penyakit Tangan Kaki Mulut

HFMD: Hand Foot and Mouth Disease

Sebutan lainnya: Virus Singapura, Flu Singapura

Waks namanya ada-ada aja neh … Tapi jadi tahu hiks hiks karena Rafa didiagnosis terkena penyakit ini. Awalnya malam hari (Rabu, 9 Juni) rewel, susah tidur pulas. Sepertinya agak hangat tubuhnya, tapi kirain karena giginya mau tumbuh. Malam kedua (Kamis) bangun melulu dan nangis. Besok paginya (Jumat) mulai tampak bintik merah di mana-mana. Kirain bentuk lain dari dermatitis atopiknya yang memang belum sembuh benar. Tapi ada kecurigaan juga kalau ini cacar air. Hari kedua itu masih demam, tapi 37,3 C dan mulai minum parasetamol (Tempra syrup). Malamnya ga bisa tidur lagi dan demam sampai 37,8 C. Hari ketiga (untungnya Sabtu), bintik merahnya nimbul jadi kayak bintil. Meluas di sekujur bokong, kaki, dan tangannya (khususnya di pergelangan tangan dan lipatan siku, padahal kebanyakan anak yang menderita PTKM ini bintilnya di telapak tangan dan kaki). Rewel dan sensitifnya luar biasa. Berulang kali dia tepuk kepalanya. Pusing kali yaa!! Nafsu makan mulai berkurang. Padahal dia sebelumnya lagi doyan banget makan.

Curiga bahwa ini bukan cacar air, soalnya kalau cacar, dari bintik merah lalu nimbul kayak umm … apa ya, bintil transparan yang berisi cairan (kayak melentung gitu hihi). Kok ini, penampakannya beda banget, lebih kecil-kecil dan tak berisi cairan. Karena Rafa sudah canggih sekali dalam garuk-menggaruk plus sulit dilarang, sebagian besar lecet-lecet.

Sewaktu akhirnya mendapat dokter di Sabtu sore, didiagnosis PTKM itu, soalnya setelah disenter bagian dalam mulutnya (Rafa nangis jerit-jerit saat masuk ruang dokter, so tanpa diminta dia buka mulut lebaar sekali hihi), terlihat bintik merah agak banyak di langit-langit. Waaah kasihan. Pantas dia GTM (gerakan tutup mulit) gituu … Plus gatal karena alerginya juga mengganggu, so dobel-dobel penderitaannya.

Ini penyakit karena virus yang umumnya sembuh sendiri. So di rumah sedia Tempra (kalau sakit mulutnya minum obat dulu biar reda, supaya mau makan dan minum), betadine salep (kalau ada yang lecet), racikan salep dari dokter kulit yang bisa meredakan gatal, Lactacyd buat mandinya, Ryzen buat meringankan gejala alerginya, dan yang paling penting: tenaga buat begadang hehe.

Yang jelas paling repot adalah Oma, karena Rafa setiap mau tidur mintanya digendong Oma, padahal Oma masih keliyengan akibat penyakit yang belum diketahui penyebabnya itu. Kalau tidak dituruti bisa nangis dan menjerit lama bangeeet … Wah susah juga ya.

Di hari keempat ini (Minggu), sudah mulai mau makan: pepaya blender, pisang-kiwi blender (tapi yang ini cuma sedikit, mungkin perih kena kiwinya), dan cupcake punya tante Vika (hihi, oleh-oleh dari acara perpisahan Kang Deden). Sebelumnya, hanya mau makan kue mangkuk yang dari beras itu, tapi maunya yang cokelat (rasa gula merah), hmm lucu juga, mungkin karena lembut dan manis. Oatmeal ditolak, nasi apa lagi!

Bintilnya sebagian masih sama, sebagian sudah kering dan kecokelatan. Duh, mudah-mudahan ga komplikasi apa-apa dan cepat sembuh. Aneh juga dipikir-pikir, dari mana dapatnya ya virus ini?? Katanya sih kebanyakan menjangkiti kalangan elite, ituuu … yang sering bolak-balik ke luar negeri! Halah! Soalnya beberapa kasus anak teman yang sama akibat berenang di Cilandak Town Square, akibat main di Mall Kelapa Gading … Nah, apa gara2 dua minggu sebelumnya Rafa merangkak di lantai mall Senayan City, yak? Atau jangan-jangan bayi tetangga yang baru saja sembuh dari “cacar air” sebenarnya sembuh dari penyakit ini (ga merhatiin dari dekat sih bentuk bintilnya apa bener cacar air ataukah PKTM?) … yang jelas mudah-mudahan home treatment ini berhasil dan Rafa bisa sembuh total deh!

Oiya btw, meski sakit Rafa masih meneruskan latihan berdiri sendiri, hehe sekarang sudah bisa ajeg di lantai berdiri 15 detikan. Penasaraaan deh nunggu dia jalan sendiri!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s