Ulang Tahun Pertama Rafa

5 Mar 2010

Ultah Rafa sebenarnya sudah direncanakan tidak dirayakan, tetapi yaaah namanya juga ibu-ibu, hehe, aku ingin mengantarkan sesuatu ke tetangga. Dengan kata lain, ya tetep dirayain dong namanya, meski kecil-kecilan ajah. Direncanakanlah boks berisi nasi kuning dan lauk pauknya. Yah, hanya untuk tetangga satu gang saja. Sekitar 10 orang.

Empal pun dipesan ke Tante Pikachu, kering tempe dibuat oleh Oma di Karawaci sehari sebelumnya, lalu mi goreng dan nasi kuning rencananya dibuat pada hari H.

Eh mendadak Oma tepar. Sebenarnya sudah mulai tidak enak badan sejak Jumat malam, 26 Februari. Akibat tidur bareng Rafa dan aku di kamar Tante Liza pake kipas angin. Oma bersin-bersin dan kedinginan. Sementara, kalau tanpa kipas angin, wah gerahnya bukan main dan Rafa keringetan. Jadi serbasalah deh. Selain itu tidur pun kurang nyenyak karena Rafa selalu terbangun, sekitar 3 kali di malam sampai dini hari. Aku yang sudah terbiasa untungnya tidak masalah (apalagi karena memang asyik mengobrol degan Tante Liza sampai pukul 2 pagi hehe). Omalah yang merana, hehe.

Sabtunya kebetulan aku dan Tante Liza harus pergi ke acara kantorku. Sebenarnya kalau saja kutahu tempatnya ternyata sangat informal, bisa jadi kuajak Rafa dan Oma.

Namun saat itu Oma dan Rafa tetap di Karawaci bersama Kakak Alma dan Om Adi. Rafa memang tidak mau lepas dari gendonganku saat pergi dan salimnya pun ogah-ogahan, sambil agak ngambek. Hehe, tapi Rafa memang anak baik, jadi nggak protes lebih lanjut. Yang ada Oma yang tidak bisa meninggalkan Rafa sedetik pun. Maunya digendong terus dan ditemani. Sampai-sampai ketika kami pulang agak malam, Oma belum sempat mandi sore!

Malamnya Oma tidur kurang nyenyak lagi dan bermimpi. Dalam mimpi itu Oma sedang masak-masak bersama teman-teman Oma dalam rangka ulang tahun Rafa. Eh, percaya nggak percaya, keesokan harinya mulai deh Oma sakit. Siang hari Oma diare dan mual. Malamnya Oma sakit kepala dan perut. Paginya Oma benar-benar tepar dan bahkan nyaris pingsan. Akhirnya nasi kuning dibuat dengan bantuan Bibi Yoyok dan mi goreng diputuskan untuk dibeli saja di warung yang bisa pesan-antar. Nenek dari Duren Sawit berjanji datang pagi itu dengan membawa kue. Untungnya Ayah masih mengambil cuti. Wah jadi Mama tetap bisa ke kantor setelah mengantarkan Oma ke dokter Dedi di Klinik Cipete.

Siangnya aku pulang dan sudah ada Nenek yang membantu mengasuh Rafa. Semua sudah siap kecuali empal! Tante Pikachu sakit jadi empal pun diantarkan temannya. Datangnya baru pukul setengah dua. Wah wah untung pas sekali ya di menit-menit terakhir, hehe.

Sorenya sepulang kantor, aku kedatangan tamu Tante Yanti di MP Book Point. Akhirnya kita pulang bareng. Di rumah sudah ramai. Ada Tante Liza dan Kakak Alma, juga Kakek. Rafa memakai kaos merah Imlek kado dari Oma beberapa minggu yang lalu. Oiya kalau blangkonnya itu kayaknya keisengan Ayah selama di Yogya. Kekecilan pula! Oma juga sudah menyiapkan tumpeng kecil untuk Rafa. Dimulailah acara potong tumpeng hehehe. Lalu aku menyuapkan sedikit (ternyata tetap kebanyakan hehe) nasi kuning ke Rafa yang disambut dengan antusias kemudian membuat Rafa hampir tersedak beberapa detik kemudian. He he he. Ternyata nasinya memang terlalu keras untuk Rafa makan. Namun dengan susah payah Rafa berhasil menyelesaikan kunyahan itu, meski melepeh sekitar 3 butir nasi pada akhirnya. Hore Rafa!

Sehabis itu acaranya buka kado. Wah Rafa alhamdulillah banyak sekali mainannya!! Mentang-mentang anak lelaki, sebagian besar mobil-mobilan. Dalam hati aku jadi ingin membelikan Rafa boneka hihi. Alhamdulillah juga acaranya lancar dan ramai. He he. Eiiits, tunggu dulu! Ternyata belum berakhir karena datanglah Om Adi membawa … kue! Wooow. Kue cantik (opera cake) pun berhiaskan lilin 1 tahun. Duh lengkap banget deh … Yang membantu meniupkannya Kakak Alma karena Rafa belum tahu caranya (Rafa maunya pegang itu api lilin!). Rafa juga kuberi secuil kue ulang tahunnya, hehe kali ini lebih mudah Rafa kunyah, meskipun Rafa tidak mau nambah!

Lalu datang Om Nawir, suaminya Tante Yanti. Lengkap deh, semua mengobrol asyik dan makan nasi kuning serta kue. Wah wah …

Pukul delapan pun satu per satu pulang, mulai dari Kakek Nenek, lalu Om Nawir, Tante Yanti, Om Adi, Tante Liza, dan Kakak Alma. Sepi deh. Aku dan Fian pun beres-beres sementara Oma menjaga Rafa. Oma sudah agak sehat dan Rafa lengket sekali tidak mau lepas dari gendongan Oma. Mungkin karena seharian Oma tidak bisa menggendong Rafa.

Tinggal foto studio bertiga nih yang belum terlaksana. Oh ya dan menggunduli rambut Rafa sekali lagi. He he he…

Selamat Ulang Tahun yang Pertama, Rafa … Mama masih ingat detik-detik kelahiran Rafa tepat setahun yang lalu. Oiya kebanyakan, doa dari Grandma dan Aunty Vivi –Om Nur yang tak bisa hadir adalah mudah-mudahan Rafa cepat bisa jalan. He he. Amin!

soehind
soehind menulis on Mar 9, ’10
makasi Tante Rika n Tante Lina .. hihi …

safarlina
safarlina menulis on Mar 9, ’10
Met ulang tahun Rafa… semoga jadi anak yang shaleh, cerdas n sehat selalu… dah besar yah skearang.hehehehe

kalahujan
kalahujan menulis on Mar 7, ’10
duuuh gendutnya..met ultah ya..:-D

soehind
soehind menulis on Mar 6, ’10
wakakaka iyaa Tante Ati mama dan ayahnya sangat bersyukur anaknya ogah nambah si opera, jadi rebutannya cuma berdua hihi. Iya Tante Pikachu … karena ujug2 banyak tamu waks jadi kurang tuh empal. Laris manis banget!

ideascorner
ideascorner menulis on Mar 6, ’10
ouh…empalnya bwt ultah rafa toh… hehe..maap mbuatmu sdikit deg2an…:p
Hepy besday Rafa… di foto si rafa ga kyk umur 1 tahun loh.. kyk udah gede bgt:D

hpmelati
hpmelati menulis on Mar 6, ’10
be careful with what you wish for… ntar kalo dah bisa jalan, segala barang digeratakin hehehe.. kasian oma ngejar2nya. sayang rafa blum ngerti enaknya opera cake-tp pasti mamanya bersyukur karena bisa nyicip lebih banyak hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s