MPASI 12 Bulan

Sulitnya menebak selera makan Daffa membuat pembuatan jadwal dan perencanaan menu MPASI menjadi kacau balau sejak bulan ke-8. Sudah masak macam-macam, hanya berakhir di tempat sampah karena dia menolak menyantapnya. Meski demikian ada beberapa menu yang biasanya berhasil, meski tidak selalu juga. Mungkin jika Anda memilik anak yang picky eater seperti Daffa, kuncinya adalah mencoba dan terus mencoba. Segala macam bahan makanan yang aman, beragam tekstur, serta beraneka rasa harus dicoba.

Beberapa menu tersebut adalah:

Buah naga merah dan kuning. Di-mashed. Rasanya memang manis. Apalagi yang kuning. Tapi wow bukan main mahalnya, hehehe. Kalau buah naga yang dagingnya putih, Daffa sama sekali tak mau.

Bubur beras sayur. Cemplung barengan segenggam beras, serutan wortel, cincangan bayam, atau lain sebagainya, dan air kaldu sampa tiga perempat panci kecil. Bumbui dengan bawang putih dan bawang bombai. Masak sampai beras pecah, air terserap, dan wortel empuk.

Oatmeal. Baik yang instan maupun yang harus dimasak, biasanya Daffa mau. Bisa dicampur selai tanpa gula.

Roti tawar. Dicuil dikit-dikit dan disuapkan.

Nasi putih. Yeah.

Sedikit banget ya? Hehehe. Dan gawatnya, dia menunjukkan indikasi suka makanan orang besar atau kakaknya. Apa saja. Biasanya kalau ada yang sedang makan lalu dia ikut diberi, dia suka sekali. Padahal saat ini masakan dia belum pakai gula garam, kecuali keju. Hmmm … apa sudah saatnya disatukan saja dengan makanan keluarga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s