Paspor Akhirnya Selesai

Berbekal pengalaman pahit, tekad sudah bulat tetap mau coba bikin jalur biasa. So, ibu saya bersikukuh membantu. Dia mengantre nomor pukul 06.30 dan mendapat nomor 110. Saya datang pukul 11.00 dan persis sebelum pukul 12.00 sudah dipanggil untuk menyerahkan berkas.

Harus diingat bahwa: gunakan tinta hitam dan penyerahan berkas tidak bisa diwakilkan ke orang lain yang bukan biro jasa namun bukan pula anggota keluarga yang ada dalam KK yang sama. Mendapat jadwal hari Jumat (4 hari kemudian) untuk pembayaran, wawancara, dan foto.

Pada Jumat yang dinanti, suami ikut berpartisipasi *lhaa, dari kemarin ke mana ajee?*. Dia mengantre sejak pukul 05.30 di Imigrasi dan mendapatkan nomor antrean 40. Nomor tersebut mulai dibagikan pukul 07.00. Saya dan anak-anak berangkat pukul 08.00 dan sampai di Kanim Jaksel pukul 09.30. Agak was was juga karena jalanan macet dan waktu di hari Jumat kantor Imigrasi hanya buka sampai pukul 11.00. Saat masih di jalan suami sudah dipanggil nomornya untuk bayar. Lalu saat kami sampai, sekitar setengah jam saja sebelum dipanggil masuk ke ruangan wawancara. Menunggu sebentar lalu sesi foto. Agak terburu-buru sih, mungkin karena *lagi-lagi* hari Jumat. Namun selesainya cukup cepat. Paspor pun bisa diambil 4 hari kerja kemudian, yakni Kamis.

Saat pengambilan Ibu membawa surat kuasa, saya kurang tahu sebenarnya bisa atau tidak karena tidak berada dalam satu KK, namun alhamdulillah sih bisa diambil semua.

Kesimpulannya, pembuatan paspor di Jakarta, khususnya Kanim Jaksel, butuh mengantre sangat pagi, butuh berhari-hari datang, dan sistem online-nya masih kurang praktis. Masih banyak sekali yang harus dibenahi. Saya sangat menantikan perubahan terjadi sehingga pembuatan paspor bisa lebih mudah dan cepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s