6 Mainan Terbaik untuk Balita

Banyak sekali mainan lucu, teether, rattle, stacking block, dan lainnya yang tersedia sehingga membuat para Ibu ngiler kepingin membelinya. Tentunya karena kelebihan yang tertera di mainan tersebut, misalnya, akan menstimulasi indra ini dan itu, mencerdaskan, dan lain sebagainya. Namun ternyata dari pengalaman saya memiliki dua anak laki-laki, hanya benda-benda inilah yang bertahan lama, tidak cepat rusak, bisa dipakai adiknya, dan bisa membuat mereka menghabiskan waktu yang asyik serta aktif bergerak dan bermain.

1)      Wheel. Karena baby walker sudah tidak disarankan lagi mengingat faktor risikonya yang besar, fungsi latihan berjalan ini bisa digantikan oleh mainan yang bisa dinaiki plus didorong. Bentuknya beraneka ragam, dari truk sampai hewan. Anak bisa mendorongnya, bisa juga menaikinya dan belajar menggerakkannya dengan kaki. Dia pun dijamin akan semakin percaya diri belajar berjalan.

2)      Sepeda tanpa Pedal alias Training Bike. Saat wheel sudah tampak kekecilan, mulailah berpikir untuk membeli benda yang satu ini. Cara memainkannya tak beda dengan wheel tapi sudah mengandung tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Anak akan belajar tentang keseimbangan. Dan ini merupakan modal dasar yang penting untuk bisa naik sepeda betulan nantinya.

3)      Mainan plastik tahan banting. Terbuat dari plastik yang aman, ringan, keras, tapi tidak bersudut tajam. Tidak bisa dipreteli sama sekali. Bisa dilempar, dibanting, dibasahi, tanpa mengalami kerusakan. Paling hanya baret-baret, tapi bahkan warnanya pun tidak akan pudar karena bukan menggunakan sistem cat. Saya menemukan mainan ini dalam beraneka bentuk: mobil, pesawat, kapal.

4)      Buku Hardboard. Pilih buku dengan cerita yang dekat dengan anak. Bisa jadi sesuatu yang dia sukai maupun yang mengandung nilai yang ingin kita tanamkan. Anak saya yang pertama tertarik pada kisah apa pun tentang alat transportasi. Anak kedua suka segalanya tentang hewan.

5)      Clothbook HandPuppet. Kakak saya memberi kado anak saya benda ini. Buku kain berbentuk sapi yang bisa juga dijadikan boneka tangan. Wow. All in one jadinya. Sehabis membaca bisa bermain interaktif. Mungkin tipe seperti ini lebih sulit didapat. Maka handpuppet alias boneka tangan biasa pun sudah merupakan benda sangat menarik. Koleksi beragam bentuk agar bisa membuat drama sendiri. Kadang-kadang bahkan menyuarakan

6)      Bola. Bola kecil. Bola besar. Bola plastik. Bola kain. Bola karet. Apa pun yang penting bundar dan terbuat dari bahan yang aman. Bisa menjadi inspirasi main yang luar biasa. Dilempar, ditendang, ditangkap, digelindingkan, disembunyikan, dicari. Lengkap deh pokoknya.

Demikian 6 mainan terbaik untuk balita versi saya. Bagaimana dengan versi Anda?

 

 

2 thoughts on “6 Mainan Terbaik untuk Balita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s