Hari Pertama Bersekolah

Hari pertama selalu spesial. Menyiapkannya juga tidak main-main. Beberapa hal yang kulakukan:

1)      Karena Rafa suka hal-hal berbau tentara, aku memberinya kejutan berupa ransel doreng, langsung dari toko di dekat daerah marinir, Cilandak. Dia sangat menyukainya.

2)      Membicarakan/membayangkan bersamanya betapa menyenangkan perjalanan sekolah. Karena Rafa suka alat transportasi, kami membelikannya helm khusus untuk naik motor ke sekolah.

3)      Membujuknya supaya mau sekolah karena untuk menjadi pilot pesawat tempur seperti cita-citanya, dia harus melewati jenjang sekolah.

4)      Menjanjikannya hadiah setelah seminggu pertama sekolah. Hehehe ini tidak tahu boleh atau tidak sih ya. Namun, sepertinya cukup masuk akal memberinya reward setelah seminggu beradaptasi.

Setiap anak pasti berbeda pendekatannya. Tapi memahami kesukaan dan sifat anak menjadi sangat krusial. Kita harus tahu perubahan sikapnya saat dia sedang marah atau kesal, kita harus tatahu dalam situasi apa dia merasa tidak nyaman, dan yang paling utama, buat dia bisa mengungkapkan perasaannya. Rafa termasuk yang sulit bicara soal perasaan. Tapi aku terus berusaha mengenalkannya pada beragam emosi, misal: marah itu seperti apa, sedih itu bagaimana, dan sebagainya. Juga katakan kepadanya saat kita merasa bangga padanya, sedih dan marah karena perbuatannya, dan lain sebagainya.

Hasil perbincanganku dengan Rafa selama hari-hari pertama sekolahnya adalah dia merasa takut ditinggal. Sehingga seringkali melongok ke luar hanya untuk melihatku masih di situ. Tapi ketegasan ternyata bagus juga karena gurunya tidak membolehkan dia terus menerus merasa khawatir (beri dia batasan waktu yang jelas sedari awal), akhirnya dia bisa juga mandiri. Kalau kata salah satu bunda yang mengajar di kelas: Good Job, Rafa!

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s