Ide Terbaik untuk Liburan Seru di Rumah Bersama Anak

Ide-ide ini disarikan dari berbagai sumber. Sifatnya inspiratif saja, semoga kita semua terus termotivasi untuk berkegiatan bersama anak. Tidak perlu mahal, tidak perlu pergi, agar mereka punya kenangan yang indah di rumah bersama keluarga selama liburan.

 

Masak Bersama

Anak-anak biasanya suka sekali memasak. Ingin memotong atau menggoreng seperti yang dia sering lihat dilakukan orang dewasa. Carilah menu yang aman dan enak sekaligus menyenangkan. Cari tahu tingkat toleransi Anda terhadap keberantakan dan pilih menu yang sesuai. Menurut saya menu di bawah ini cukup mudah dibuat, aman, enak, sehat, dan menyenangkan. Pisau yang digunakan bahkan tidak perlu pisau tajam. Cukup pisau kue atau pisau mentega dan usahakan pisang yang dipotong pun tidak keras.
Perkenalkan mereka tentang urutan memasak, apa saja yang berbahaya dan harus dilakukan dengan hati-hati, bahkan juga tentang manfaat dan gizi pisang serta cokelat. Asyik kan? Sepertinya anak usia 3,5 tahun pun sudah bisa diajak melakukannya.

Menu Pisang Selimut Cokelat karya Mbak Ety membuat kita langsung ingin praktik juga di rumah
Baca selengkapnya di blog Mbak Ety.

Mencari Pita Di Kebun/Taman

“Buatlah permainan mencari pita di taman. Ikatkan pita-pita tersembunyi di pohon-pohon, lalu anak yang mengumpulkan pita terbanyak akan mendapat hadiah.”

Itu adalah satu dari beberapa ide liburan yang ditulis di sini.

Saya tertarik karena dari sekian banyak ide petualangan yang dekat rumah, tampaknya ini paling mudah dan menyenangkan. Bayangkan pita warna warni yang indah diikat di tanaman. Ini juga tampaknya bisa dilakukan anak usia 3 tahun. Sementara mencari harta karun yang lebih rumit mungkin bisa untuk anak yang lebih besar. (Misalnya mencari benda-benda dengan deskripsi tertentu). Hadiahnya mungkin bisa berupa snack favoritnya.

 

Tembok Kekuasaan

“Buatlah sebuah “tembok kekuasaan” untuk si kecil. Di halaman belakang misalnya. Khususkan tembok itu sebagai ajang kreativitasnya. Nah, kali ini, ajaklah si kecil untuk bermain jejak-jejak di dinding.”
Kutipan ini diambil dari artikel ini.

Betul bahwa anak-anak senang sekali mencoret bukan pada kertas, menggambar bukan pada papan tulisnya. Dinding, sofa, tempat tidur, baju, menjadi sasaran mereka. Karena kebetulan di belakang rumah ada bagian dari pagar yang belum dihaluskan. Jadi terpikir untuk mengadaptasi ide itu dan membuat sebagian dari tembok tersebut menjadi tembok kekuasaan mereka. Asyik sepertinya kan bisa mencoret dan melukis di tembok tersebut sebebasnya. Kebetulan Rafa, 4,5 tahun menunjukkan ketertarikan dengan cat tembok dan ingin punya kesempatan mengecat. Jadi tembok kekuasaan ini bisa dijadikan proyek liburan.

 

Berkemah

Kalau ini sih impian banget. Tapi memang butuh modal tenda, lalu mungkin sleeping bag, kompor gas kecil, dan lain-lain. Juga halaman yang cukup besar jika ingin berkemah di rumah. Sepertinya ini harus dijadikan wish list liburan yang suatu saat harus dipenuhi. Hehehe.

“Bisa dilakukan di bumi perkemahan atau sekedar di taman rumah. Ajak saudara atau teman seusia balita. Ajak mereka mendirikan tenda, memasang tikar, menyiapkan makanan. Berkemah akan melatih anak bekerja-sama, mengenal lingkungan, menghadapi dan memecahkan masalah, misalnya, menghadapi angin yang masuk lewat jendela tenda.”
Kalimat di atas saya kutip dari website ayahbunda

Nah, karena liburan akhir tahun sudah dimulai, ayo rencanakan kegiatan bersama anak yang menyenangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s